Minggu, 13 Desember 2020

Makanan Khas Bandung

   
    Bandung merupakan kota yang memiliki ciri khas yaitu tentang makanannya yang lezat.Salah satu makanan khas Bandung yang saat ini sedang digandrungi oleh para remaja khususnya adalah seblak.

    Seblak adalah makanan yang terbuat dari kerupuk basah yang dicampur dengan sayur sayuran maupun protein seperti telur.Seblak ini terkenal dengan kepedasannya yang membuat semua orang menyukainya. Seblak ini memliki dua jenis,ada yang kering dan ada juga yang basah.

    Seblak Basah ini sering kita temui seblak ini disajikan dengan kuah pedas sedangkan seblak kering disajikan tidak dengan kuah cara memasaknyaberbeda dengan seblak basah karena bahan bahannya di goreng.


Ini adalah cara membuat seblak basah :

Bahan-bahan
100 gr kerupuk aci
5 butir bakso sapi
2 buah sosis ayam
1 butir telur ayam
7 lembar daun caisim
2 sdt garam
1 ½ sdt gula
air matang secukupnya
2 ruas kencur
2 butir bawang merah
1 butir bawang putih
5 buah cabai rawit merah
3 buah cabai keriting merah

Langkah-langkah

1. Rendam kerupuk dengan air biasa selama setengah jam. Sembari menunggu, potong sosis, bakso sapi, dan sayur caisim sesuai selera.

2. Haluskan bahan-bahan; kencur, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai keriting. Tumis bumbu halus hingga harum. Tambahkan satu gelas air matang dan tunggu hingga mendidih.

3. Tambahkan telur ayam ke kuah rebusan bumbu, aduk-aduk lalu tambahkan garam dan gula. Lalu masukkan kerupuk yang sudah di rendam, bakso, sosis, serta caisim dalam kuah dan tunggu hingga matang.

4. Seblak siap disajikan!

Dan ini untuk resep seblak kering

Bahan:
- cabe rawit 3 buah
- kerupuk bawang 1 ons
- bawang merah 2 siung
- bawang putih 1 siung
- minyak goreng
- kencur 2 ruas

Cara memasak:
a. Haluskan cabe, bawang merah, bawang putih dan kencur. Kemudian tumis sampai harum.
b. Masukkan kerupuk. Aduk sampai rata dengan bumbu. Angkat dan tiriskan.
c. Masukkan ke dalam wadah, beri penyedap rasa secukupnya.


👉jika kalian masih belum paham dengan resep seblak basah diatas,bisa klik link disini👈


Dan dibawah ini video cara pembuatan seblak keringnya



Berikut adalah rekomendasi warung seblak yang ada di Bandung yang wajib anda coba


1. Seblak Jebred

Berlokasi di Jalan Buah Batu Nomor 163, Turangga, Lengkong, tempat ini begitu ramai didatangi anak millennials. Tempatnya begitu nyaman untuk kongkow sambil mencicipi seporsi seblak yang pedas dan nikmat.

Ada banyak isian yang bisa kamu pesan, seperti bakso, kikil, tulang, dan sebagainya. Dibanderol mulai Rp2.000, gak salah kalau tempat ini bisa digemari anak muda Bandung.

2. Seblak Oces

Buka dari pukul 10.00, Seblak Oces ini bisa kamu temukan di Jalan Purnawarman Nomor 22. Seblak ini cukup populer karena dianggap sebagai pelopor seblak basah.

Variasi topping-nya pun beragam, seperti kerupuk warna-warni, ceker, batagor, dan masih banyak lagi yang lainnya. Harganya dibanderol sekitar Rp8.000 hingga Rp12 ribu saja.

3. Seblak Basah Deu' Tjenghar

Kamu yang pertama kali ke sini mungkin akan bingung, karena menu seblaknya sangat beragam. Setidaknya ada 30 pilihan isian seblak yang bisa kamu sesuaikan dengan seleramu.

Harganya berkisar antara Rp9.000 hingga Rp15 ribu. Kamu bisa menemukan Deu' Tjenghar di kawasan Jalan Purnawaman, tepat di sebelah Ngopi Doeloe.

4. Seblak Abdul

Gak kalah kece, ada Seblak Abdul di Jalan Bapak Husen (seberang RS Advent). Beberapa pilihan seblak yang bisa kamu coba antara lain cimol, siomay, mie, ceker, dan sebagainya.

Harganya mulai Rp6.000, kalau pakai telur jadi Rp7.000 dan seblak spesial seharga Rp10 ribu. Murah, kan?

5. Seblak Bunda

Lokasinya berada di Jalan H. Kurdi II Gang 10 Nomor 4. Meski agak jauh, banyak orang yang rela datang untuk menikmati kelezatan seblak di sana.

Supaya tidak sia-sia melakukan perjalanan, kamu bisa memastikan tutup atau bukanya terlebih dahulu melalui telepon 085795980850 atau (022) 91317495. Siapa yang sudah pernah ke sini?

6. Kedai G28

Berlokasi di Jalan Merdeka Nomor 42, siapa sih yang gak tahu tentang Kedai G28? Kedai yang buka mulai pukul 11.30 ini menyediakan beragam paket makanan.

Misalnya dengan membayar Rp65 ribu, kamu akan mendapatkan dua seblak, satu es tape, satu ketan hitam, dan satu es milo. Selain seblak, Kedai G28 juga menyediakan makanan lezat lainnya, seperti mie, nasi ayam, dan sebagainya.

7. Seblak Sultan

Seblak Sultan terkenal akan porsinya yang melimpah. Harganya juga relatif terjangkau, hanya Rp10 ribu saja.

Beberapa variasi menunya antara lain seblak kerupuk, mie, baso, makaroni, dan lain-lain. Kamu bisa menemukannya di Jalan Sultan Agung Nomor 10, Citarum.


    Saya sendiri sangat suka dengan seblak,karena rasanya yang pedas dan gurih membuat siapa saja yang mencoba akan ketagihan.Namun sebaiknya jangan mengkonsumsi nya secara berlebihan,karena rasa dari seblak yang pedas bisa membuat sakit perut.

7 komentar: